BERITA TERKINI PAROKI SALIB SUCI

DSC00981.JPG

Misa Alam: Sayangi Bumi Lestarikan kehidupan

Misa alam dilaksanakan pada tanggal 2-4 Agustus di Papandayan, Garut,  Jawa Barat. Kegiatan Misa Alam yang digagas oleh Pecinta Alam Paroki Salib Suci (PALAPASS) Cilincing, mendapat antusias yang sangat baik dari semua kalangan terlihat dari peserta yang mengikuti  mencapai  178. Misa Alam adalah merayakan Ekaristi di alam terbuka atau diluar ruangan kapel atau gereja, kegiatan ini menjadi kesempatan para pencinta alam untuk melibatkan diri untuk mendapatkan ruang mengikuti misa sambil menikmati alam

frwenan.jpg

Fr. Wenan

Tetap Bertekad Menjadi Imam Meski Ditentang Keluarga

Panggilan menjadi imam bisa datang dari pengalaman-pengalaman sederhana. Hal itu yang dialami Fr. Wenan. Ketika duduk di kelas 4 SD, saat ia mengikuti Misa Harian, ia bertemu dengan salah satu pastor berperawakan gemuk dan berjanggut. Waktu bersalaman, si pastor menyentuhkan tangan Fr. Wenan ke janggutnya. Fr. Wenan terkesan dengan keramahan si pastor. Dari situ ia menilai bahwa seorang imam itu baik. Pengalaman sederhana itu rupanya membangkitkan keinginan dalam diri Fr. Wenan untuk menjadi imam.

WhatsApp Image 2018-10-13 at 5.44.03 PM.

Paroki yang Semakin Ramah Lingkungan

Sabtu(14/10) di Aula Lembaga Daya Dharma (LDD), Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) berlangsung Seminar Lingkungan Hidup. Acara yang dilaksanakan oleh Komisi Keadilan Perdamaian (KKP) – Sub Lingkungan Hidup (LH) - KAJ itu, dihadiri oleh 65 orang dari 44 paroki se-KAJ. Turut hadir Ketua KKP-KAJ, RD. Agustinus Heri Wibowo. Tidak ketinggalan, Paroki Cilincing mengirim perwakilannya untuk mengikuti seminar ini.

WhatsApp Image 2018-10-16 at 10.10.46 AM

Semangat Vinsensian, Menyelami Kehendak Tuhan 

Kamis (27/9) di kediaman Surono, warga Lingkungan St. Vinsensius, Wilayah X, berlangsung acara HUT ke-32 Lingkungan St. Vinsensius. Acara dihadiri 70 orang, turut hadir pula  umat Lingkungan St. Helena dan St. Stefanus.

WhatsApp Image 2018-10-12 at 8.33.49 PM

Tetap Berkarya di Usia Lanjut

Setiap Jumat pukul 19.30 WIB sampai 21.30 WIB para lansia berkumpul di kediaman Surono, warga Lingkungan St. Vinsensius – Wilayah 10. Mereka berdoa dan sharing bersama mengenai keluarga, kesehatan, dan iman.

IMG_8057 2.jpg

UMAT ANTUSIAS MENGIKUTI SAFARI ROSARIO

Tidak seperti biasanya, Minggu (30/9) sekitar pukul 16.30 WIB, halaman Gereja Salib Suci dipadati umat. Umat mengantri menukarkan kupon Malam Persembahan Sejuta Mawar (MPSM) dengan bunga mawar, sesuai pesanan mereka. Ada yang membeli satu tangkai, 10 tangkai, bahkan 20 tangkai. Bunga-bunga mawar tersebut akan dipersembahkan mereka kepada Bunda Maria tercinta, sebagai bentuk ucapan syukur.

WhatsApp Image 2018-10-15 at 1.18.05 PM.

Mengasihi Musuh Kita

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing ke-41 berlangsung meriah. Misa HUT diselenggarakan secara konselebran. Dipimpin Romo Canisius Sigit Tridrianto, CM dan Romo Alexius Dwi Widiatna, CM.

20219.jpg

MENUJU GUNUNG API TERTINGGI DI INDONESIA

Kerinci, gunung berapi yang berada di daerah Jambi, 130 km sebelah selatan Padang,
Sumatera Utara ini merupakan gunung api tertinggi di Indonesia. Perjalanan mendaki Puncak
Kerinci bisa jadi perjalanan yang paling melelahkan. Untuk menaklukkan atap Sumatera ini
diperlukan kerja sama tim serta kesediaan saling bantu antar anggota, agar semua dapat
sampai serta kembali dengan selamat.

20227.jpg

PENDAKIAN KERINCI, KALAHKAN EGO

Dalam rangka mengisi waktu libur, 4 OMK Gereja Salib Suci dan 2 anggota Palapass melakukan pendakian ke Gunung Kerinci, Jambi, Sabtu (9/6). Perjalanan  dimulai dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Sultan Thaha di Jambi. Dilanjutkan menempuh perjalanan darat selama 8 jam menuju Paroki Kayu Aro, Jambi. Mereka bermalam di paroki tersebut.

WhatsApp Image 2018-09-18 at 3.59.52 PM

KITA MERDEKA UNTUK SALING MENGASIHI

Bertepatan dengan HUT RI, berlangsung Acara Ekaristi Kaum Muda dan talkshow bertema “Kita Merdeka untuk Saling Mengasihi”, di teras Gereja Salib Suci, Jumat, 17/8. Acara yang diselenggarakan oleh  OMK Wilayah 10 dan 14 itu dihadiri 70 OMK.

Final Logo Salib Suci Line circle 3pt.pn

MENYAMBUT ERA DIGITAL DENGAN LOGO BARU

Minggu 16/9, bersamaan dengan HUT Gereja Salib Suci (GSS) berlangsung peluncuran logo baru. Logo baru dibuat berdasarkan logo sebelumnya. "logo ini dibuat untuk menyambut era digital dan menginspirasi pelayanan gereja" ujar Rm Sigit, CM, Romo kepala GSS.

FB_IMG_1533694308796.jpg

PELAYANAN YANG MENGINSPIRASI

Seksi Kepemudaan Gereja Salib Suci mengadakan Rekoleksi OMK Gereja Salib Suci, Sabtu-Minggu (21-22/7) di Wisma Berkat, Cibodas, Jawa Barat. Kegiatan yang bertema “Menyikapi Keberagaman dengan Pelayanan yang Menginspirasi” itu diikuti 100 OMK.

WhatsApp Image 2018-06-25 at 11.00.43.jp

SABAR SENANTI: TUMPUKAN SAMPAH PENYUBUR TANAH

Tumpukan sampah masih menjadi masalah hampir di seluruh bagian dunia. Di Jakarta, sampah organik masih menduduki peringkat pertama, sebagai sampah yang paling sering dihasilkan warga (53,75% dari seluruh sampah). Untuk mengatasi hal itu, berbagai alternatif pengolahan sampah mulai didengungkan para pegiat lingkungan hidup. Salah satu di antaranya adalah komunitas Pecinta Alam Paroki Salib Suci (Palapass).

IMG_20180526_090117.jpg

KOMUNITAS LANSIA: MENJALANI HARI TUA DENGAN IMAN DAN SUKACITA

Setiap hari Sabtu pagi pukul 09.00, minggu keempat dalam setiap bulan, Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing mengadakan ibadat/misa untuk lansia di gereja. Dari 700 lansia yang tercatat, hanya 150-200 lansia yang biasanya datang setiap misa. Sebenarnya. Siapa saja yang disebut lansia, dan selain misa bersama, apa saja yang dilakukan komunitas lansia?

MENGELOLA LINGKUNGAN VINCENTIUS DENGAN KEKELUARGAAN

Dewan Pengurus Harian (DPH) Paroki Cilincing mengadakan kunjungan lingkungan pada hari Rabu (9/5) di kediaman Bora Rinda, ketua lingkungan Vincentius, Wilayah 10. Acara ini dihadiri 21 orang yang terdiri dari perwakilan DPH dan pengurus lingkungan. Setelah diawali dengan sambutan, acaradilanjutkan dengan laporan lingkungan dan tanggapan serta arahan dari DPH.

MENGELOLA LINGKUNGAN VINCENTIUS DENGAN KEKELUARGAAN

Dewan Pengurus Harian (DPH) Paroki Cilincing mengadakan kunjungan lingkungan pada hari Rabu (9/5) di kediaman Bora Rinda, ketua lingkungan Vincentius, Wilayah 10. Acara ini dihadiri 21 orang yang terdiri dari perwakilan DPH dan pengurus lingkungan. Setelah diawali dengan sambutan, acaradilanjutkan dengan laporan lingkungan dan tanggapan serta arahan dari DPH.

HASIL PENGUNDIAN KUPON BERBAGI KASIH

Sabtu pagi (26/5), bertempat di Arylda Grand Ballroom, Cabin Hotel, Jakarta Utara berlangsung pengundian Kupon Berbagi Kasih (KBK). Lewat pembelian KBK, umat terlibat dalam pembangunan Gedung Karya Pastoral Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing. Adapun hasil pengundian adalah sebagai berikut:...

MEDITASI KRISTIANI: JALAN UNTUK MENJADI BEBAS

Jumat-Minggu (18-20/5) yang lalu, komunitas Meditasi Kristiani Salib Suci (MKSS) mengikuti retret yang diadakan komunitas Meditasi Kristiani Santo Stefanus, Cilandak di Rumah Retret Gading Berkat Bunda, Cikereteg. Tema yang diusung adalah “Days of Stillness & Silence” dengan pembimbing Romo Tan Thian Sing, MSF.

MEDITASI KRISTIANI: JALAN UNTUK MENJADI BEBAS

Jumat-Minggu (18-20/5) yang lalu, komunitas Meditasi Kristiani Salib Suci (MKSS) mengikuti retret yang diadakan komunitas Meditasi Kristiani Santo Stefanus, Cilandak di Rumah Retret Gading Berkat Bunda, Cikereteg. Tema yang diusung adalah “Days of Stillness & Silence” dengan pembimbing Romo Tan Thian Sing, MSF.

KAUM MUDA: BUNDA MARIA ZAMAN NOW

“Bayangkan Bunda Maria hidup di zaman sekarang?” ujar Frater Yoseph Sony Sutanto dalam talkshow bersama para kurang lebih 50 Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Cilincing, Sabtu (19/5) yang lalu. Talkshow tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Ekaristi Kaum Muda yang rutin diadakan setiap bulan oleh OMK Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing.

MENJALIN RELASI DALAM JALAN SANTAI

Jalan santai memperingati 211 tahun Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dengan lintasan sekitar 4 km diikuti sekitar 2000 peserta dengan antusias, termasuk umat  Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing. Sebuah bis disediakan untuk 60 orang umat Salib Suci menuju Katedral yang ingin bergabung dalam jalan santai ini. Tepat pukul 5 pagi, bis berangkat dan tiba di Katedral pukul 05.55 WIB.

MEMBANGUN KOMUNITAS GEREJA YANG KUAT

Selasa (1/5), Gereja Salib Suci mengadakan sarasehan dengan tema “Membangun Partisipasi Umat dalam Menggereja”. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari koordinator, wakil koordinator wilayah, ketua dan wakil ketua lingkungan, serta koordinator seksi, orka/kategorial, dan tokoh umat. Pukul 10.00, acara diawali dengan ramah tamah dan santapan yang disajikan di teras gereja. Setelah itu, para peserta memasuki gereja untuk mengikuti sesi pertama.

MEMPERERAT PERSAUDARAAN MELALUI PEMBANGUNAN GKP

Akhir Maret tahun ini, pembangunan Gedung Karya Pastoral (GKP) Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing sudah dimulai. Namun sebelum itu, dilakukan peletakan batu pertama, Minggu (25/3), tepatnya usai Misa Minggu Palma. Hadir pada acara itu Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, Perwakilan Kementerian Agama Jakarta Utara Kiai Daloh Abdaloh, Sekretaris Kecamatan Koja H. Sarpu, dan Sekretaris Kelurahan Tugu Asreli Sitompul.

BANK SAMPAH: MENGUBAH SAMPAH MENJADI BERKAH

Usai Misa pukul 08.00 pagi, Minggu (15/4), Anastasia Wagiyantini, umat lingkungan St. Aloysius Gonzaga membawa sekarung sampah botol dan gelas plastik ke belakang gereja. Sampah yang dibawanya dari rumah itu diserahkan dan dijual kepada Bank Sampah. Setelah sampah ditimbang, petugas Bank Sampah mencatat nilai harga sampah. Hasil penjualan kemudian dicatat dalam tabungan Anas. Sejak itu Anas tercatat sebagai nasabah Bank Sampah.

OMK: BANGKIT DAN BERKARYA BERSAMA KRISTUS DALAM BINGKAI KEBINEKAAN

Sabtu (21/4) pukul 18.00, sebanyak 50 Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Cilincing sudah berkumpul untuk mengikuti Ekaristi Kaum Muda yang kedua. Misa pada malam hari itu dipimpin oleh Romo Alex Dwi Widiatna, CM. Dalam kotbahnya, Romo Alex mempersilakan Frater Sonny membagikan pengalaman perjalanan hidupnya menjadi calon Imam.

PALAPASS: SIAP DALAM SEGALA

 

Jumat hingga Minggu (16-18/3), berlangsung acara pelatihan internal organisasi Pencinta Alam Paroki Salib Suci (Palapass) di Camping Ground Cidahu di kaki Gunung Salak, Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh 18 orang yang tergabung dalam anggota Palapass dan Komunitas ALAMI (Alam Sahabat Kami).

PALAPASS: SIAP DALAM SEGALA HAL

 

Jumat hingga Minggu (16-18/3), berlangsung acara pelatihan internal organisasi Pencinta Alam Paroki Salib Suci (Palapass) di Camping Ground Cidahu di kaki Gunung Salak, Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh 18 orang yang tergabung dalam anggota Palapass dan Komunitas ALAMI (Alam Sahabat Kami).

GEREJA SEBAGAI PERSEKUTUAN

Minggu (8/4), di Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, berlangsung acara sarasehan yang dihadiri
kurang lebih 140 peserta yang terdiri dari para ketua lingkungan berserta wakil, koordinator wilayah
beserta wakil, ketua seksi, ketua organisasi kategorial, ketua yayasan, suster dan bruder di Gereja Salib Suci, serta para tokoh umat lainnya.

SANG FOTOGRAFER ITU TELAH MENYELESAIKAN TUGASNYA

Minggu (1/4), gereja kita kehilangan salah satu umat terbaiknya. Ignatius Ponco Luswantoro meninggalkan kita di usia 44 tahun, pada pukul 06.30 WIB. Pria yang akrab disapa Mas Ponco  itu dikenal sebagai fotografer gereja, karena perannya yang selalu mendokumentasikan berbagai kegiatan gereja.

MENGHAYATI KISAH SENGSARA YESUS KRISTUS

Jumat (30/3) pukul 08.00, Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, menggelar visualisasi Kisah Sengsara Yesus. Lebih dari 100 umat turut menyaksikan drama yang diperankan oleh OMK dari wilayah 4, 6, dan 12.

SEMANGAT BARU OMK WILAYAH 10

Sabtu (10/3), bertempat di kediaman ketua OMK Wilayah 10, Maria Yohana Lintang, berlangsung acara rutin pertemuan pengurus OMK Wilayah dan pendampingnya. Turut hadir pada acara tersebut,
koordinator wilayah, koordinator kepemudaan, serta pengurus Seksi Kepemudaan (SiKep) Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing.

SEMANGAT BARU OMK WILAYAH 10

Sabtu (10/3), bertempat di kediaman ketua OMK Wilayah 10, Maria Yohana Lintang, berlangsung acara rutin pertemuan pengurus OMK Wilayah dan pendampingnya. Turut hadir pada acara tersebut,
koordinator wilayah, koordinator kepemudaan, serta pengurus Seksi Kepemudaan (SiKep) Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing.

KAUM MUDA: BERGERAK BERSAMA UNTUK PERUBAHAN

Sabtu (3/3) pukul 19.50, orang muda katolik (OMK) Paroki Cilincing mengadakan Ekaristi Kaum Muda perdana dengan tema “Menyambut Yesus dengan Pertobatan” di teras Gereja Salib Suci. Perayaan Ekaristi yang dihadiri oleh sekitar 50 orang ini dipersembahkan oleh Romo Canisius Sigit Tridrianto CM.

MISA HUP: SEMAKIN SETIA

Lima belas menit sebelum Misa, 25 pasangan suami istri (pasutri) berbaris rapi di depan pintu utama

gereja. Mereka bersiap-siap mengikuti Misa Hari Ulang Tahun Perkawinan (HUP). Mereka hadir
merayakan ulang tahun perkawinan yang jatuh pada bulan Januari dan Februari.

VISITASI PERDANA UNTUK GKP

Sabtu dan Minggu (24-25/2), umat Paroki Cilincing di antaranya, Romo Sigit Tridrianto CM, Romo Alexius Dwi Widiatna CM, Dewan Paroki Harian, Panitia Pembangunan Gedung Karya Pastoral (GKP), tim liturgi, para koordinator wilayah, serta pengurus lingkungan menyelenggarakan visitasi perdana di Gereja Yohanes Bosco, Paroki Sunter.

VISITASI PERDANA UNTUK GKP

Sabtu dan Minggu (24-25/2), umat Paroki Cilincing di antaranya, Romo Sigit Tridrianto CM, Romo Alexius Dwi Widiatna CM, Dewan Paroki Harian, Panitia Pembangunan Gedung Karya Pastoral (GKP), tim liturgi, para koordinator wilayah, serta pengurus lingkungan menyelenggarakan visitasi perdana di Gereja Yohanes Bosco, Paroki Sunter.

MENJADI SATU TUBUH DALAM KRISTUS

Sabtu (6/1), pukul 18.00, warga Kristen dan Katolik penghuni apartemen Gading Nias Residence (GNR) memenuhi kolam renang yang terletak di Tower Emerald, komplek GNR, Jakarta Utara. Mereka hadir untuk mengikuti Perayaan Natal Bersama Penghuni GNR 2017. Acara yang sudah rutin dilakukan sejak tahun 2013 ini dihadiri sekitar 800 warga.

SEMANGAT PELAYANAN DARI KEJAUHAN

Minggu (4/2), setelah misa pukul 18.00 WIB di teras Gereja Salib Suci berlangsung Pesta Nama Lingkungan St. Veronika. Romo Alexius Widiatna, CM atau yang akrab dipanggil Romo Alex, turut hadir dalam acara tersebut bersama Pengurus Lingkungan serta kurang lebih 60 umat lingkungan.

EDUFAIR: BANTU ANAK-ANAK ASAK MERAIH CITA-CITA

Sebanyak 14 anak ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah) Paroki Cilincing yang duduk di bangku kelas 12 SMA dan SMK mengikuti Edufair yang diselenggarakan ASAK KAJ. Acara yang berlangsung Sabtu (3/2) di Gereja Bunda Hati Kudus (BHK) St. Kristoforus, Grogol, Jakarta Barat itu bertujuan memberikan informasi kepada anak-anak ASAK yang ingin melanjutkan ke perguran tinggi.

SERAH TERIMA JABATAN LINGKUNGAN ST. BONAVENTURA

PERIODE 2018-2020

Sabtu (10/2), Lingkungan St. Bonaventura melakukan kegiatan serah terima jabatan Ketua Lingkungan di Rumah Makan Sandjaja, Kelapa Gading. Kegiatan ini dihadiri sekitar 30 warga lingkungan dan berlangsung dari pukul 11.30 hingga 14.00.

TANDA KEHADIRAN TUHAN LEWAT SAKRAMEN PERMINYAKAN

Minggu (11/2), dalam rangka Hari Orang Sakit Sedunia, Paroki Cilincing memberikan sakramen perminyakan untuk lansia dan orang sakit di dalam gereja setelah misa pukul 08.00 pagi. Kegiatan ini diawali dengan misa yang dipimpin oleh Romo Canisius Sigit Tridrianto CM.

SEMANGAT SANTO VINCENTIUS 

Sabtu, 27 Januari 2018, OMK Gereja Salib Suci bersama OMK Gereja Fransiskus Xaverius, Tanjung Priok merayakan Hari Ulang Tahun Congregatio Missionis (CM) ke-401 di aula Gereja Salib Suci, Cilincing. Perayaan ini diawali misa bersama pukul 18.00 yang dipersembahkan Romo Alexius Dwi
Widiatna, CM.

KASIH YANG MENYELAMATKAN

LINGKUNGAN ST. STEPHANUS GELAR NATAL DAN PESTA NAMA

Sabtu-Minggu (14-15/1) Lingkungan St. Stephanus–Wilayah X merayakan Pesta Nama Lingkungan dan Natal di Wisma Purnama, Cilember, Jawa Barat. Sebetulnya Pesta Nama jatuh pada 26/12, tetapi ditunda perayaannya karena memberi kesempatan umat untuk merayakan Natal di kampung halamannya.

DAFTAR NAMA KETUA DAN WAKIL KETUA LINGKUNGAN PERIODE 2018-2020

Minggu (21/1), pada Misa pukul 08.00 WIB di Gereja Salib Suci, Jakarta Utara diselenggarakan pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Lingkungan periode 2018-2020. Selamat bertugas kepada para ketua dan wakil ketua lingkungan terpilih. Berikut daftar Ketua dan Wakil Ketua Lingkungan Gereja Salib Suci 2018-2020.

PELANTIKAN KETUA DAN WAKIL KETUA LINGKUNGAN 2018-2020

MENJADI MOTOR PENGGERAK LINGKUNGAN

Ketua Lingkungan dan Wakil Ketua Lingkungan Gereja Salib Suci periode 2018-2020 dilantik. Pelantikan berlangsung pada misa pukul 08.00 WIB, Minggu (21/1) di Gereja Salib Suci, Jakarta Utara. Dalam khotbahnya, Romo Kepala Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing Canisius Sigit Tridrianto, CM mengatakan, panggilan menjadi ketua dan wakil ketua lingkungan merupakan anugerah Tuhan.

NATAL BERSAMA OMK WILAYAH 2

MENINGKATKAN KEBERSAMAAN DAN KEKOMPAKAN

Guna meningkatkan rasa persaudaraan dan membangun keaktifan anak muda dalam berkreasi di lingkup wilayah, para pengurus Orang Muda Katolik (OMK) Wilayah 2 mengadakan Natal Bersama, Sabtu (20/1) dengan tema “YOU’RE MY FLASHLIGHT”. Kegiatan itu dihadiri 25 OMK, anak-anak BIA, pengurus wilayah dan lingkungan. 

MISDINAR GSS

MENJADI PELAYAN YANG BERKARAKTER

Misdinar Gereja Salib Suci (GSS), Paroki Cilincing mengadakan Character Building, Jumat-Minggu (5-7/1) di Aula GSS, Jakarta Utara, dengan tema “Misdinar Rumahku”. “Kegiatan ini bertujuan supaya anggota misdinar, terutama anggota baru, dapat lebih baik dalam pelayanan dan memiliki karakter baik serta mandiri,” ujar Vincentius Gery Arland, Ketua Pelaksana.

LINGKUNGAN ST. LUKAS GELAR PERAYAAN NATAL

Jumat (12/1), Lingkungan St. Lukas, Wilayah IX mengadakan perayaan Natal 2017 dan Tahun

Baru 2018 dengan tema “Damai dalam Kasih Kristus”. Acara diadakan di kediaman pasangan
suami istri Aswin-Poedji, Perumahan Gading Griya Lestari, Jakarta Utara. Acara dimulai pukul 19.30 WIB, diawali Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Alexius Dwi Widiatna, CM.

LINGKUNGAN ST. LUKAS GELAR PERAYAAN NATAL

Jumat (12/1), Lingkungan St. Lukas, Wilayah IX mengadakan perayaan Natal 2017 dan Tahun

Baru 2018 dengan tema “Damai dalam Kasih Kristus”. Acara diadakan di kediaman pasangan
suami istri Aswin-Poedji, Perumahan Gading Griya Lestari, Jakarta Utara. Acara dimulai pukul 19.30 WIB, diawali Misa Kudus yang dipimpin oleh Romo Alexius Dwi Widiatna, CM.

PERAYAAN NATAL BERSAMA TIM LITURGI

MENUMBUHKAN KEPEDULIAN ANGGOTA

Tim Liturgi Gereja Salib Suci (GSS), Paroki Cilincing menggelar Perayaan Natal Bersama, Minggu (14/1), di Aula Gereja Salib Suci, Jakarta Utara. Kegiatan tersebut mengusung tema, “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus (1 Korintus 12:12).”

SEMANGAT NATAL DAN OMK SEBAGAI IDENTITAS

Sabtu (13/1), bertempat di aula Gereja Salib Suci-Paroki Cilincing, perayaan natal bagi seluruh Orang Muda Katolik (OMK) gereja berjalan dengan lancar. Perayaan yang dihadiri oleh 125 peserta OMK dari 14 wilayah Paroki ini mengusung tema “Semangat untuk Kaum Muda”. Peserta yang datang sangat antusias dan berpartisipasi dengan baik dalam setiap kegiatan yang disiapkan oleh Sie Kepemudaan Paroki Cilincing.

SEMANGAT KEKELUARGAAN DALAM PERAYAAN NATAL

LINGKUNGAN ST. VINTCENTIUS

Jakarta, Sabtu (6/1) warga Lingkungan Santo Vincentius, Paroki Cilincing, melangsungkan acara Natal bersama. Tidak kurang dari 40 orang yang terdiri dari sebagian besar orang tua, orang muda, serta anak-anak yang tergabung dalam Bina Iman Anak (BIA) menghadiri acara tahunan ini.

PAROKI CILINCING MELUNCURKAN PROGRAM ASAK

Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing meluncurkan Program Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK), Minggu (29/10). Sebanyak 186 umat Paroki Cilincing menjadi anak asuh ASAK

SALIB SUCI YOUTH CHOIR

RAIH MEDALI PERAK

Salib Suci Youth Choir yang beranggotakan 56 orang, mengikuti kompetisi Penabur International Choir Festival 2017 (PICF). Kompetisi tersebut berlangsung Selasa-Sabtu (5-9/9), di GKI Kayu Putih, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

JELANG HUT KE-40 GEREJA SALIB SUCI GELAR MISA TRIDUUM

Menyongsong perayaan HUT ke-40, Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing menggelar Misa Triduum tiga hari berturut-turut, Kamis-Minggu (14-16/9).

OPSI AJAK UMAT PEDULI SAMPAH

Minggu (10/9) menjadi hari terakhir Operasi Bersih (OPSI) bersama umat Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing. Kegiatan itu berlangsung sejak Minggu (11/6) di Paroki Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan OPSI dibuka dengan briefing. Umat diajak untuk mengenal beragam jenis sampah.

ASIAN YOUTH DAY (AYD) 2017

BERBAHAGIALAH DAN BANGGALAH MENJADI OMK INDONESIA

Pada 30 Juli – 6 Agustus Indonesia menjadi tuan rumah Asian Youth Day (AYD) ke-7. AYD atau hari orang muda Asia adalah perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiap tiga tahun dan dihadiri kurang lebih seribu sampai tiga ribu Orang Muda Katolik (OMK) perwakilan dari berbagai negara di Asia.

EKARISTI KAUM MUDA

OMK SALIB SUCI HARUS OPTIMIS

 

Kondisi cuaca sore itu kurang bersahabat. Rintik hujan terus saja membasahi bumi. Namun hal itu tidak mampu menyurutkan semangat Orang Muda Katolik (OMK) Gereja Salib Suci, Cilincing, Jakarta Utara untuk mengikuti rangkaian kegiatan Ekaristi Kaum Muda (EKM), yang mengusung tema “Meneladani Kesetiaan Bunda Maria dalam Iman dan Pelayanan Kaum Muda".

SINAR KERAHIMAN MENYELIMUTI GUA MARIA SALIB SUCI

Pengalamannya itu membuat dirinya semakin mantap menghayati imannya kepada Yesus Kristus dan Bunda Maria.

PANCASILA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN KATOLIK

Dalam rangka merayakan HUT Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing ke-40, digelar Sarasehan bertema Pancasila dan Iman Katolik itu berlangsung di Aula Gereja Salib Suci, Jakarta Utara, Minggu (27/8).
Hadir sebagai pembicara Ketua Asosiasi Filsuf Katolik Pastor Prof Dr F.X Eko Armada dan Ahli Hukum Gereja Pastor Dr Andang Binawan SJ.

GSS CUP 2017 - PESERTA LOMBA JUNJUNG SPORTIFITAS

Putaran akhir babak final Gereja Salib Suci (GSS) CUP 2017 berlangsung Minggu (20/8) di halaman Gereja Salib Suci, Jakarta Utara. Kegiatan GSS CUP berlangsung mulai Sabtu (8/7) itu diikuti 14 wilayah yang ada di Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, Jakarta Utara.

EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP OLEH PALAPASS

Palapass memberikan Edukasi tentang Lingkungan Hidup kepada kelompok Bina Iman Remaja (BIR) Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, Jakarta Utara.  Acara tersebut berlangsung di salah satu pojok Pastoran Gereja Salib Suci.

LEPAS SAMBUT ROMO EKO – ROMO SIGIT

WUJUDKAN PELAYANAN PARTISIPASIF, KREATIF, DAN INOVATIF

Romo Paulus Eko Nurbandrio CM tidak lagi menjabat sebagai Pastor Kepala Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, Jakarta Utara. Posisinya akan digantikan oleh Romo Canisius Sigit Tridrianto CM.

SUNATAN MASSAL

UNTUK MASYARAKAT SEKITAR GEREJA

Sekitar 98 anak ditemani orangtuanya mendatangi Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, Jakarta Utara. Mereka datang untuk mengikuti sunatan massal yang digelar oleh Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing

UBAH SAMPAH TUTUP BOTOL PLASTIK MENJADI BERKAH

Dalam rangka lomba Green Christmas Photobooth KAK 2016, umat Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing mengumpulkan tutup botol plastik bekas.

HIJAU PUTIH DALAM DEKORASI ALTAR SALIB SUCI

Dalam rangka merayakan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Minggu (5/6), Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menggelar Lomba Dekorasi Altar Ramah Lingkungan 2016. Gereja Salib Suci, Jakarta Utara pun rupanya juga ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut. 

PELAYANAN RAMAH, PERTAHANKAN!​

Para ibu yang tergabung dalam Wanita Katolik Ranting Lucia, sekaligus umat Gereja St Odilia, Cikupa, Tangerang datang berziarah ke Gereja Salib Suci, Jakarta, Sabtu (28/5). Wakil Ketua Ranting Lusia, Fransisca Astuti, menyatakan kekagumannya terhadap pelayanan umat Gereja Salib Suci yang ramah. 

Menjadi Serupa Dengan Kristus​

Minggu (29/5), sekitar pukul 07.20 WIB, sebanyak 162 calon penerima Sakramen Krisma yang mengenakan busana hitam putih itu telah duduk rapi di dalam Gereja Salib Suci, Jakarta Utara. Mereka nampaknya telah siap mengikuti Perayaan Ekaristi penerimaan Sakramen Krisma. 

Peluncuran Rosario Merah Putih 

Pada Perayaan Ekaristi, Minggu (1/5) pukul 08.00 WIB, Gereja Salib Suci, Cilincing, Jakarta  meluncurkan Rosario Merah Putih. Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Paulus Eko Nurbandrio CM berjalan khidmat. 

Apa Itu Rosario Merah Putih? 

Pada 1 Mei 2016 Keuskupan Agung Jakarta mengimbau umat untuk menggunakan Rosario Merah Putih ketika mendaraskan doa Rosario. Namun sebelum menggunakan Rosario Merah Putih, kita perlu tahu apa filosofi Rosario Merah Putih.

Rekoleksi Kerahiman Allah dalam Pengabdian Guru 

Gereja Salib Suci, Jakarta Utara juga turut melaksanakan Gerakan Tahun Kerahiman. Sabtu (7/5), Gereja Salib Suci menggelar Rekoleksi Kerahiman Allah dalam Pengabdian Guru. Hadir sebagai pembicara Sie Pendidikan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Drs Ignatius Budi Santoso CL.

Pembangunan Rumah Induk Atmabrata

Keterbatasan jumlah ruang, memaksa Rumah Induk Atmabrata harus direnovasi. Akhirnya pada Senin (2/5), dilakukan peletakan batu pertama sebagai bentuk komitmen pembangunan Rumah Induk Atmabrata, yang berada di Jalan Kelapa Dua, Cilincing, Jakarta Utara.