Kaum Muda:
Bergerak Bersama untuk Perubahan

Sabtu (3/3) pukul 19.50, orang muda katolik (OMK) Paroki Cilincing mengadakan Ekaristi Kaum Muda perdana dengan tema “Menyambut Yesus dengan Pertobatan” di teras Gereja Salib Suci. Perayaan Ekaristi yang dihadiri oleh sekitar 50 orang ini dipersembahkan oleh Romo Canisius Sigit Tridrianto CM.


Ekaristi Kaum Muda ini diselenggarakan berdasarkan arahan Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). KAJ melihat pentingnya orang muda sebagai masa depan gereja. Sehingga, KAJ mengharapkan adanya perayaan Ekaristi khusus orang muda setiap bulan agar semakin banyak yang mau terlibat di dalam pelayanan gereja.

SIKAP KAUM MUDA
Romo Sigit, dalam khotbahnya, menyampaikan bahwa karakter kaum muda yaitu kreatif dan berani. Ia juga menambahkan, kaum muda masa kini tidak terlalu tahan mendengarkan orang berbicara. Sehingga perayaan Ekaristi untuk kaum muda perlu dirancang sedemikian rupa agar bisa tetap menarik tanpa menyalahi kaidah yang ada.

 

Romo Sigit juga memberikan pesan untuk para OMK agar mau menumbuhkan sikap hidup G.R.E.A.T: GROW yang berarti menjadi pribadi yang bertumbuh dan berbuah, RESPECT yaitu pribadi yang bisa menghargai lingkungan, orang lain, terutama diri sendiri, EMPATHY berarti bersedia merasakan apa yang dirasakan lingkungan sekitar, ATTITUDE yaitu mampu memiliki sikap positif yang bisa memengaruhi cara berpikir dan perilaku terhadap orang lain, dan TREATMENT yakni kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh.

Jika kita sudah GREAT, maka selanjutnya kita diundang untuk bergerak bersama-sama,” ajak Romo Sigit pada OMK yang hadir.

 

Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan bincang-bincang yang dipandu oleh Frater Sonny. Ia menjelaskan bahwa sebagai orang Katolik, banyak hal yang dapat kita banggakan. Salah satunya adalah teladan sikap hidup Bunda Maria yang dalam usia muda sudah berani untuk taat dalam mengikuti jalan yang ditunjukkan Allah. Sebagai orang muda pun, kita diajak untuk menjadikan Bunda Maria sebagai teladan yang baik.
 

Terus bergerak untuk perubahan. Inilah salah satu makna pertobatan!” ujar Frater Sonny seusai menonton film pendek mengenai tiga orang muda yang “gerah” ketika hidupnya datar. Melalui film, ia bermaksud mengajak para kaum muda bergerak untuk perubahan yang lebih baik bagi diri sendiri dan sesama.

AJAKAN UNTUK BERGABUNG
Ekaristi Kaum Muda yang pertama ini melibatkan OMK Wilayah 1 dan 9 sebagai panitia acara, dengan ketua Carlitta Elisabeth dari pengurus OMK.

 

Ardhi Setiawan, salah satu panitia yang bertugas menghimpun peserta menjelaskan bahwa kendala yang dihadapi selama persiapan adalah minimnya keterlibatan OMK perwakilan Wilayah dalam acara, padahal undangan sudah disebarkan dan sosialisasi sudah dilakukan sejak awal Februari lalu melalui kunjungan OMK ke setiap Wilayah.

Ardhi merasa, di kesempatan berikutnya sosialiasi perayaan Ekaristi bagi kaum muda perlu lebih menggencar. Hal ini dilakukan karena masih banyak orang muda yang belum aktif bergabung dalam kegiatan gereja.


Ia juga menambahkan, acara serupa sudah dijadwalkan setiap bulan untuk satu tahun ke depan. Sehingga, seharusnya acara berikutnya bisa dipersiapkan dengan lebih baik lagi dan semakin banyak kaum muda yang terlibat dalam perayaan Ekaristi Kaum Muda.

Mari hadir dan berkumpul bersama dalam Ekaristi Kaum Muda berikutnya! (Yani/Karyn)

  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Google+ Social Icon
BERITA TERBARU

Misa HUP: Semakin Setia

Lima belas menit sebelum Misa, 25 pasangan suami istri (pasutri) berbaris rapi di depan pintu utama gereja.

Visitasi Perdana untuk GKP

Sabtu dan Minggu (24-25/2), umat Paroki Cilincing di antaranya, Romo Sigit Tridrianto CM, Romo Alexius Dwi Widiatna CM, Dewan Paroki Harian, Panitia Pembangunan Gedung Karya Pastoral (GKP), tim liturgi, para koordinator wilayah, serta pengurus lingkungan menyelenggarakan visitasi perdana di Gereja Yohanes Bosco, Paroki Sunter.

Menjadi Satu Tubuh dalam Kristus

Sabtu (6/1), pukul 18.00, warga Kristen dan Katolik penghuni apartemen Gading Nias Residence (GNR) memenuhi kolam renang yang terletak di Tower Emerald, komplek GNR, Jakarta Utara.

Semangat Pelayanan dari Kejauhan

Minggu (4/2), setelah misa pukul 18.00 WIB di teras Gereja Salib Suci berlangsung Pesta Nama Lingkungan St. Veronika.

Edufair: Bantu Anak-Anak ASAK Meraih Cita-Cita

Sebanyak 14 anak ASAK (Ayo Sekolah Ayo Kuliah) Paroki Cilincing yang duduk di bangku kelas 12 SMA dan SMK mengikuti Edufair yang diselenggarakan ASAK KAJ.

Memohon Rahmat Tuhan untuk Pembangunan Gedung Karya Pastoral

Acara tirakatan dalam rangka pembangunan Gedung Karya Pastoral (GKP) berlangsung di pelataran Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing.

Please reload

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING