OPSI

AJAK UMAT PEDULI SAMPAH

 

Minggu (10/9) menjadi hari terakhir Operasi Bersih (OPSI) bersama umat Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing. Kegiatan itu berlangsung sejak Minggu (11/6) di Paroki Cilincing, Jakarta Utara. Kegiatan OPSI dibuka dengan briefing. Umat diajak untuk mengenal beragam jenis sampah. Sampah yang bisa diolah kembali atau didaur ulang dan sampah yang harus dibuang. Acara kemudian dilanjutkan pengumpulan sampah sesuai kriteria, dan diakhiri briefing penutup.

Menurut Koordinator Program OPSI Martinus Aris Legowo selaku Koordinator Program OPSI-Palapass, OPSI dilakukan guna menumbuhkan kepedulian umat terhadap kebersihan lingkungan gereja, terutama dalam memilah dan membuah sampah. “Setelah Misa pukul 8 pagi, lingkungan gereja biasanya penuh sampah. Sampah berserakan di mana-mana dan isi tong sampah tidak sesuai jenis sampahnya“ tukas Aris.

Dalam menjalankan kegiatan OPSI, diakui Aris ada kendala yang dihadapi. Umat yang hadir kurang dari yang ditargetkan. “Tim Palapass menargetkan setiap wilayah mengutus 15 orang. Tetapi yang hadir hanya sedikit. Padahal setiap Minggu kami sudah mengumumkan di gereja dan mengingatkan para Koordinator Wilayah  untuk meneruskan informasi mengenai kegiatan OPSI ke umatnya.“

Walau kegiatan OPSI telah berakhir, Komunitas Palapass akan terus mengajak umat untuk peduli terhadap sampah. “Kami berusaha mengajak umat untuk membuang sampah pada tempatnya dan bersedia memilah sampah. Kami juga berharap, umat meneruskan kegiatan peduli sampah kepada masyakat di sekitar tempat tinggal mereka.” (Maretta/Elroy)

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING