KARYA SOSIAL SUSTER PUTERI KASIH (PK)

 

Karya Sosial Suster Puteri Kasih (PK)

Suster Puteri Kasih adalah puteri­puteri Gereja Katolik yang membaktikan hidupnya untuk melayani Tuhan dalam diri orang­orang miskin. Dalam Gereja Katolik, Serikat Suster­Suster Puteri Kasih berada dalam jajaran Serikat Hidup Kerasulan. Serikat atau kongregasi (sebutan untuk kelompok religius Katolik) suster Puteri Kasih ini didirikan oleh Santo Vincentius a Paulo dan Luisa de Marillac tahun 1633 di

Perancis. Suster PK berkarya di Rumah Kerang Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Berikut ini karya­karya sosial Puteri Kasih yang diantaranya :

 

1. Sembako Murah dan Tabungan Masyarakat

Kegiatan sembako murah ini adalah salah satu kegiatan pokok yang rutin dilakukan oleh Komunitas Suster PK sejak lama. Sembako murah dijual setiap seminggu sekali. Di dalam harga penjualan sudah dimasukkan sejumlah nilai sebagai tabungan anggota. Jadi setiap anggota yang membeli sembako juga sembari menabung.

 

2. Bimbingan Belajar

Program bimbingan belajar juga salah satu kegiatan pokok dan rutin di Karya Sosial Suster Puteri Kasih. Bimbingan belajar ini sangat penting karena dapat membantu anak­anak sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu. Seperti diketahui bahwa anak­anak yang berasal dari keluarga kurang mampu acapkali lebih mementingkan kebutuhan ekonomi keluarga daripada memikirkan masalah pendidikan, dan hal ini tentu tidak bisa disalahkan. Program bimbingan belajar ini sangat diminati, baik di tingkat SD, SMP, dan SMA. Sukarelawan mengkoordinir kegiatan ini dimana peserta bimbingan belajar SMA sebagai guru untuk peserta SMP, sedangkan peserta SMP menjadi guru bagi peserta SD. Lokasi bimbingan belajar ada di Rumah Kerang di Kalibaru dan dua di Kampung Poncol, Marunda.

 

3. Bantuan Beasiswa

Bantuan beasiswa yang diberikan dalam bentuk uang tunai sebagian berasal dari bantuan dana yang diberikan oleh PSE Paroki St. Yakobus melalui SSP Paroki Salib Suci. 4. Pelayanan Kesehatan (Poliklinik) Suster Puteri Kasih mengelola sebuah poliklinik yang berlokasi di Jalan Kalibaru. Poliklinik buka setiap hari dengan Dokter praktek, salah satunya dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya.

 

5. Produksi Tas Daur Ulang

Tas daur ulang memanfaatkan limbah bekas kemasan sabun/deterjen isi ulang. Kegiatan produksi tas daur ulang ini melibatkan ibu­ibu warga sekitar lokasi Komunitas Suster PK.

 

6. Pastoral Kaum Miskin

Suster Puteri Kasih dengan semangat pelayanan yang diwarisi oleh Santo Vincentius terus bergerak mencari Tuan dan Majikan mereka, yaitu orang­orang miskin dan papa, orang­orang sakit dan terlantar.

 

7. Bakti Sosial oleh Kelompok Donatur

Karya Sosial Suster Puteri Kasih membuka pintu selebar­lebarnya bagi para pihak yang datang atas nama Cinta Kasih untuk saling berbagi dengan para warga kurang mampu yang berada di sekitar lokasi. Ada yang bersifat tetap/rutin maupun yang tidak tetap

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING