PELANTIKAN KETUA DAN WAKIL KETUA LINGKUNGAN 2018-2020

MENJADI MOTOR PENGGERAK LINGKUNGAN

Ketua Lingkungan dan Wakil Ketua Lingkungan Gereja Salib Suci periode 2018-2020 dilantik. Pelantikan berlangsung pada misa pukul 08.00 WIB, Minggu (21/1) di Gereja Salib Suci, Jakarta Utara. Dalam khotbahnya, Romo Kepala Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing Canisius Sigit Tridrianto, CM mengatakan, panggilan menjadi ketua dan wakil ketua lingkungan merupakan anugerah Tuhan.
 
Setelah dilantik, para ketua dan wakil ketua lingkungan langsung mengikuti Pembekalan di Aula Gereja Salib Suci. Hadir sebagai pembicara pada acara itu adalah Trainer Pusat Pastoral KAJ Petrus Eko Susanto dan Direktur Pusat Pastoral KAJ Romo Yustinus Ardianto.
 
Romo Yustinus menyampaikan materi tentang Spiritualitas Pelayanan. Ia mengatakan, konsep gereja bukan lagi pastor centris atau DP Centris, melainkan berpusat di lingkungan. Karena itu, training bagi para ketua dan wakil ketua lingkungan sangat mendesak untuk dilakukan.
Romo Yustinus juga mengingatkan kepada para peserta, saat melayani umat lingkungan tentu akan menghadapi berbagai karakter umat. Ia menyarankan agar para ketua dan wakil ketua lingkungan menyikapi perbedaan karakter tersebut dengan bijaksana. “Kita harus membuat perbedaan menjadi perdamaian. Namanya komunitas, pasti ada perbedaan, tetapi kita harus menjadi pribadi yang menyatukan,” kata Romo Yustinus.
Senada dengan Romo Yustinus, menurut Romo Sigit pembekalan tersebut sangat perlu dilakukan. Tujuannya tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga memberikan semangat kepada ketua dan wakil ketua lingkungan yang akan bekerja. “Supaya mereka sadar, bangga sekaligus percaya diri dalam menjalan tugas perutusan nantinya,” tambah Romo Sigit.
 
Ketua lingkungan adalah motor pengerak lingkungan dan diharap dapat menjalankan tugas dengan baik. Selama ini data kunjungan DPH ke 22 lingkungan menunjukkan bahwa lingkungan belum bisa berjalan sesuai yang diharapkan paroki. “Misalnya tidak ada pertemuan bulanan dan tidak ada koordinasi dengan pengurus lingkungan,” tukas Aloysius Budiman selaku Koordiantor Bidang Wilayah dan Lingkungan.
Materi yang disampaikan dalam pembekalan tentu dapat menjadi pegangan bagi para ketua dan wakil ketua lingkungan dalam bertugas. Selamat bertugas bagi para ketua dan wakil ketua lingkungan terpilih. (Maretta)

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING