Show More

KARYA SOSIAL ATMABRATA

 

Kegiatan rutin dan non­rutin yang dilaksanakan Karya Sosial Atmabrata, antara lain :

 

1. Pendidikan Pra Sekolah dan bimbingan belajar

Pendidikan Pra Sekolah (TK) di Atmabrata merupakan kegiatan pokok yang bersifat rutin. Karya Sosial Atmabrata berkarya di empat lokasi sekolah. Pertama adalah sekolah empang di Kampung Sawah dengan jumlah murid mencapai 100 anak, kemudian sekolah taman bacaan di Bulak Cabe dengan 100 anak murid, lalu sekolah bambu juga dengan sekitar 100 murid, dan sekolah kelapa dua yang memiliki sekitar 100 murid. Dengan sekitar 400 anak murid dan belum termasuk peserta bimbingan belajar serta empat lokasi pelayanan, Atmabrata telah menjadi sebuah organisasi yang semakin kompleks. Atmabarata memiliki delapan orang tenaga pengajar untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar. Hampir semua lulusan dari TK Atmabrata yang mendaftar ke sekolah dasar baik negeri maupun swasta dapat diterima karena telah mampu membaca, menulis, dan berhitung sesuai persyaratan.

 

2. Rumah Pangan Lansia

Di lingkungan keluarga yang kurang mampu, kondisi para lansia sungguh sangat memperihatinkan. Jangankan memberi makan yang layak, sekadar memberi perhatian saja tidak. Untuk itu Atmabrata secara rutin memberikan bantuan pangan berupa makanan lengkap (dengan nilai gizi) seminggu dua kali. Lebih dari 100 orang lansia merasa gembira setiap kali mereka datang ke rumah Atmabrata bukan semata karena adanya makanan tetapi karena mereka masih mendapat perhatian dari orang lain. Mereka juga akan membawakan makanan tersebut untuk teman­teman lansia mereka yang tidak dapat berjalan lagi. Kegiatan rumah pangan lansia dibantu oleh Ibu­ibu pengurus RT/RW setempat.

 

3. Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan di Atmabrata dibagi menjadi dua. Pertama, pelayanan kesehatan di lokasi, dimana walaupun belum berbentuk klinik formal, orang­orang yang mengalami keluhan sakit ringan dapat diperiksa dan diberi obat. Lokasi klinik Atmabrata ada di rumah Atmabrata di Kelapa Dua dan di Kampung Sawah. Kedua, pelayanan kesehatan dengan membantu orang­orang sakit yang harus dirawat di rumah sakit. Bentuk bantuan tersebut meliputi transportasi, pengurusan administrasi (SKTM atau Kartu GAKIN), bantuan biaya pengobatan, dan sebagainya. Atmabrata memfokuskan pelayanan kesehatan ini untuk anak- anak dari keluarga miskin.

 

4. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam di Atmabrata difokuskan untuk melayani kebutuhan pendidikan anak, seperti membayar tunggakan SPP dan untuk uang pangkal.

 

5. Produksi Tas Daur Ulang

Tas daur ulang memanfaatkan limbah bekas kemasan sabun/deterjen isi ulang. Kegiatan produksi tas daurulang ini melibatkan ibu­ibu warga sekitar rumah atmabrata.

 

6. Bantuan Beasiswa

Bantuan beasiswa diberikan secara tunai kepada anak­anak yang kurang mampu yang berada di sekitar lokasi pelayanan Karya Sosial Atmabrata.

 

7. Taman Bacaan

Melengkapi taman bacaan yang sudah ada sebelumnya di Bulak Cabe, tahun 2011 Atmabarata membuat dua taman bacaan baru, yaitu di rumah Atmabrata dan di Kampung Sawah (satu lokasi dengan sekolah empang).

 

8. Renovasi Rumah Pelayanan Baru di Kelapa Dua

Tahun 2012 Atmabrata berkesempatan untuk membeli sebuah rumah yang terletak tidak jauh dari rumah pelayanan utama di Kelapa Dua. Pembelian rumah ini mendapat bantuan dari Paroki St. Yakobus Kelapa Gading dimana pembelian dilakukan atas nama PGDP Paroki Salib Suci. Tahun 2013 Atmabrata merenovasi rumah tersebut agar lebih sesuai untuk peruntukannya sebagai rumah lansia dan rumah pemulihan. Atmabrata seringkali melayani lansia dan orang sakit yang mengalami kesulitan ketika akan dikembalikan ke keluarganya. Ketika proses pengembalian atau penempatan di panti ini membutuhkan waktu yang cukup lama maka rumah baru ini menjadi tempat tinggal mereka. Renovasi ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dimulai bulan Maret 2013 dan telah selesai dan siap difungsikan awal tahun 2014 ini. Sedangkan tahap kedua dimulai awal tahun ini dan diharapkan dapat selesai menjelang pertengahan tahun 2014. Pada tanggal 22 Desember 2013, Atmabrata bekerjasama dengan donatur­donatur menyelengarakan sebuah Konser Amal yang berjudul DOMUS CARITATIS, atau Rumah Cinta Kasih, di Umar Ismail concert Hall, Jakarta. Hasil dari penggalangan dana ini digunakan untuk membangun rumah Lansia Tahap Dua.

 

9. Pembangunan Gedung BLK Kampung Sawah

Pada tahun 2011, Atmabrata membeli sebidang tanah di kawasan Kampung Sawah, Jakarta Utara. Pada tahun 2012 sekelompok donatur terpanggil untuk berbagi dengan masyarakat di Kampung Sawah dan melihat bahwa Karya Sosial Atmabrata melalui karya­karya sosial di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dapat mewujudkan harapan mereka agar apa yang mereka berikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara lebih luas dalam jangka panjang, Atmabrata sudah sejak lama mencita­citakan untuk membangun sebuah Balai Latihan Kerja­BLK di daerah Kampung Sawah. Ketika hal ini diungkapkan ke pihak donatur, gayung bersambut, dan tahun 2013 pihak donatur menyanggupi untuk mendirikan sebuah bangunan di lokasi tanah milik Atmabrata di Kampung Sawah. Dalam kesepakatan dengan pihak donatur disebutkan bahwa pihak donatur hanya memberikan bangunan, segala hal terkait perijinan hingga pengoperasian akan diserahkan kepada pihak Atmabrata. Proses sosialisasi ke masyarakat sudah dimulai sejak awal tahun 2013, dan perijinan dimulai sekitar tiga bulan kemudian. Namun kenyataannya proses sosialisasi dan perijinan tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Banyak pihak di sekitar Kampung Sawah yang harus diakomodir kepentingannya, sehingga bangunan baru bisa dimulai sekitar bulan November 2013. BLK ini akan dikelola bersama antara Atmabrata dan RT/RW setempat. 

 

10. Bakti Sosial oleh Kelompok Donatur

Karya Sosial Atmabrata membuka pintu selebar­lebarnya bagi para pihak yang datang atas nama Cinta  Kasih untuk saling berbagi dengan para warga kurang mampu yang berada di sekitar lokasi. Ada yang bersifat tetap/rutin maupun yang tidak tetap.

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING