karya sosial magdalena

Karya Sosial Magdalena terletak persis di belakang tembok Jakarta Islamic Center, atau tepatnya di Tanah Merah, Kampung Beting, Koja, Jakarta Utara. Karya Sosial Magdalena memfokuskan diri pada pokok kegiatan pada pendidikan pra sekolah dan Bimbingan Belajar. Dengan segala dinamika sosial dan finansial yang ada bersama Tim Sosial beserta umat Paroki Salib Suci, Karya Sosial Magdalena tetap memberikan pendidikan dan semangat hidup yang bermutu bagi masyarakat di lokasi Tanah Merah. Beberapa kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan di Karya Sosial Magdalena adalah:

 

1. Pendidikan Pra Sekolah

Pendidikan Pra Sekolah (TK) di Magdalena merupakan kegiatan pokok yang bersifat rutin. Tahun ajaran 2013­2014 menjadi tonggak awal dibukanya satu kelas untuk TK­A dan satu kelas untuk TK­B. Jumlah murid keseluruhan sekitar 120 anak dengan tiga orang guru. Tujuan dari pendidikan pra­sekolah ini adalah  untuk mempersiapkan anak­anak terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk dapat diterima di Sekolah Dasar, yang saat ini mempersyaratkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Hampir semua lulusan dari TK Magdalena yang mendaftar ke Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta dapat diterima karena dinilai telah mampu membaca, menulis, dan berhitung.

 

2. Bimbingan belajar, Les Bahasa Inggris, dan Les Komputer

Program bimbingan belajar juga salah satu kegiatan pokok dan rutin di Karya Sosial Magdalena. Bimbingan belajar tersebut sangat penting karena dapat membantu anak­anak sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu. Seperti diketahui bahwa anak­anak yang berasal dari keluarga kurang mampu acapkali lebih mementingkan kebutuhan ekonomi keluarga daripada memikirkan masalah pendidikan, dan hal ini tentu tidak bisa disalahkan.

Program bimbingan belajar ini sangat diminati, baik di tingkat SD, SMP, dan SMA. Seorang sukarelawan mengkoordinir kegiatan ini dimana peserta bimbingan belajar SMA sebagai guru untuk peserta SMP, sedangkan peserta SMP menjadi guru bagi peserta SD. Program les Bahasa Inggris diberikan oleh Frater- frater CICM tiap Sabtu dan Minggu secara rutin. Peminat les Bahasa Inggris ini cukup banyak karena sangat membantu dan gratis. Tahun 2013 Karya Magdalena memperoleh bantuan berupa empat unit komputer. Komputer tersebut dimanfaatkan oleh para peserta Bimbingan Belajar untuk menambah

wawasan dan ketrampilan di bidang Teknologi Informasi.

 

3. Pelayanan Kesehatan dan Gizi Balita

Pelayanan kesehatan dan bantuan gizi balita dilaksanakan secara rutin setiap dua minggu dan sebulan sekali. Kegiatan ini bekerjasama dengan Suster­suster OSF dan Suster­suster Gembala Baik.

 

4. Bantuan Beasiswa

Bantuan beasiswa yang diberikan dalam bentuk uang tunai sebagian berasal dari bantuan dana yang diberikan oleh PSE Paroki St. Yakobus melalui SSP Paroki Salib Suci. Dana beasiswa yang diperoleh didistribusikan di kalangan peserta Bimbingan Belajar guna mendukung anak­anak yang berprestasi.

 

5. Bantuan Pangan Lansia

Bantuan pangan bagi lansia masih dilaksanakan secara insidensial. Bantuan pangan bagi lansia telah dilaksanakan beberapa kali bekerjasama dengan Karya Sosial Atmabrata.

 

6. Bakti Sosial oleh Kelompok Donatur

Karya Sosial Magdalena membuka pintu selebar­lebarnya bagi para pihak yang datang atas nama Cinta Kasih untuk saling berbagi dengan para warga kurang mampu yang berada di sekitar lokasi. Kegiatan tersebut bersifat tetap/rutin dan tidak tetap. Beberapa pihak mengadakan bakti sosial bekerjasama denganKarya Sosial Magdalena berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis oleh Seksi Kesehatan Paroki St. Yakobus dan penyuluhan kesehatan oleh OMK Paroki Salib Suci.

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING