EDUKASI LINGKUNGAN HIDUP OLEH PALAPASS

Komunitas Pecinta Alam Paroki Salib Suci atau Palapass menjalankan salah satu Program Kerjanya. Mereka melakukan kampanye lingkungan hidup. Minggu (20/8), Palapass memberikan Edukasi tentang Lingkungan Hidup kepada kelompok Bina Iman Remaja (BIR) Gereja Salib Suci, Paroki Cilincing, Jakarta Utara.  Acara tersebut berlangsung di salah satu pojok Pastoran Gereja Salib Suci.

Hari itu jumlah anggota BIR yang datang ada sembilan orang. Jenjang pendidikan mereka dari SD sampai SMP. “Sebetulnya jumlah anggota BIR ada 20 orang. Hari ini mereka berhalangan hadir mungkin karena ada acara lain,” terang Leon selaku pengajar BIR.

Kegiatan edukasi dimulai dengan doa bersama. Disusul dengan pembahasan tentang jenis-jenis kode plastik. Saat penyampaian materi, para peserta dengan sigap memeriksa kode plastik yang tertera pada botol minum yang dibawa. “Saya baru tahu bahwa nomor kode yang aman untuk diisi ulang adalah nomor 5 dan 7,” ujar Vioni salah satu anggota BIR.

Setelah itu, para peserta berlatih tentang lingkungan hidup melalui permainan monopoli raksasa, berukuran 4×4 m. Monopoli itu menggunakan dadu sebesar kemasan kardus mie instan dan orang-orang yang bermain berperan sebagi pion. “Dengan permainan seperti ini kami berharap materi edukasi dapat lebih tersampaikan dengan mudah ke anak-anak BIR,” ujar Koordiantor Acara Edukasi, Brian. Setelah permainan monopoli, dilanjutkan dengan pembagian suvenir. Para peserta mendapatkan suvenir botol minum plastik dengan kode plastik yang aman untuk diisi ulang.

Sebelum pulang, para peserta menguncapkan janji untuk menjaga lingkungan hidup. Seperti, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan styrofoam, dan menghemat listrik.  Acara kemudian ditutup dengan doa dan foto bersama.

“Melalui kegiatan ini kami berharap umat dapat lebih peduli pada lingkungan. Mereka mau memilih sampah, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak menggunakan air minum kemasan plastik,” harap Brian. (Elroy/Ignas)

Alamat

Jl. Raya Tugu 12, RT 003/014, Semper, Koja, Jakarta 14260

Follow Us

  • Facebook Reflection
  • Twitter Reflection
  • YouTube Social  Icon

Telp. (021) 440-5740

Fax. (021) 440-0769

© 2015 by KOMSOS PSS CILINCING